6 Tips Penting untuk Memastikan Keamanan Situs Web

Keamanan situs web adalah perhatian utama pemilik situs web di seluruh dunia. Tidak masalah kerangka mana yang Anda gunakan, Anda harus tetap memelihara aplikasi web dan server untuk mencegah intrusi. Peretas dapat menyerang situs web Anda untuk mendapatkan akses ke data sensitif dan menggunakan server untuk mengirim email yang disalahgunakan dan meng-hosting file berbahaya.

Untuk mencegah serangan keamanan, Anda dapat mengikuti saran yang disebutkan di bawah ini :

1. Terus perbarui Perangkat Lunak dan Kerangka Kerja

Semua perusahaan pengembang perangkat lunak memperbaiki bug keamanan dalam versi terbaru dari produk mereka. Anda dapat menjauhkan peretas dari situs web dengan memperbarui kerangka kerja dan perangkat lunak yang Anda gunakan selama pengembangan web. Dengan cara ini, Anda dapat membuat situs web Anda lebih aman dari serangan. Umumnya, peretas menggunakan lubang keamanan di situs web untuk melakukan aktivitas berbahaya. Jika mereka tidak dapat menemukan kerentanan, mereka mulai menemukan situs web lain yang memiliki lubang keamanan.

2. Gunakan kata sandi yang kuat dan tidak mungkin ditebak

Selalu disarankan untuk menggunakan kata sandi yang kuat untuk akun FTP, cPanel, dan akun email untuk mencegah pelanggaran keamanan. Anda harus menggunakan huruf kecil, huruf besar, karakter khusus dan angka dalam kata sandi Anda untuk membuatnya tidak mungkin ditebak.

3. Selalu filter HTML dan JavaScript

Cross Site Scripting (XSS) adalah metode yang paling umum digunakan untuk intrusi. Penyusup dapat menyisipkan kode skrip dalam formulir web atau menggunakan JavaScript untuk menjalankan kode berbahaya. Untuk memastikan keamanan, Anda harus memeriksa data yang dikirimkan dan menghapus tag HTML yang tidak perlu.

4. Tampilkan pesan kesalahan dengan cermat

Ketika pengguna memasukkan rincian login yang salah, pesan kesalahan sederhana harus ditampilkan di situs web Anda. Namun, Anda harus berhati-hati tentang apa yang akan Anda tulis dalam pesan ini. Peretas menggunakan metode serangan brute force untuk menemukan nama pengguna dan kata sandi. Jika Anda menampilkan pesan seperti “nama pengguna salah” dan “kata sandi salah”, peretas akan tahu bahwa pekerjaan mereka setengah selesai dan dapat fokus pada bidang lain. Untuk menghentikan ini, Anda harus menggunakan slogan umum seperti “nama pengguna atau kata sandi salah”. Captcha juga dapat digunakan pada halaman login untuk memberikan keamanan ekstra.

5. Gunakan validasi sisi server dan sisi klien

Untuk mencegah dimasukkannya data jahat, Anda harus menggunakan validasi sisi klien dan sisi server. Di sisi klien, JavaScript dapat digunakan untuk validasi, tetapi sebagian besar browser menawarkan opsi untuk menonaktifkannya. Karena itu, Anda juga harus memvalidasi data di server untuk mencegah hasil yang tidak diinginkan di situs web Anda.

6. Pindai file yang diunggah

Jika Anda menawarkan fasilitas unggah file untuk memungkinkan pengguna mengunggah gambar mereka, Anda harus berhati-hati tentang apa yang mereka unggah. Peretas juga dapat mengunggah file yang terinfeksi ke server Anda untuk menjalankan kode berbahaya. Anda tidak dapat bergantung pada jenis file untuk mencegah serangan. Untuk melindungi situs web Anda, Anda harus memeriksa ekstensi file dan mengubah izin file. Misalnya, jika Anda mengatur chmod 0666, file-file ini tidak akan dieksekusi. Anda juga dapat menyimpannya di server yang berbeda dengan menggunakan Protokol Transport File Aman atau Protokol Shell Aman untuk transportasi file aman.

Nah, ini adalah beberapa pendekatan keamanan yang dapat Anda ikuti untuk memastikan keamanan situs web. Dengan cara ini, Anda dapat menjaga situs web Anda aman dari serangan dan pengguna dapat menggunakannya tanpa rasa takut.

Tags:

One Response for 6 Tips Penting untuk Memastikan Keamanan Situs Web

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.