Apa itu Server Web Apache? Inilah penjelasan nya

Apa itu Server Web Apache?

Server web Apache juga disebut server HTTP Apache. Ini membantu untuk mengirimkan halaman situs Anda ke browser pengguna. Aplikasi server ini telah menjadi salah satu aplikasi paling populer sejak tahun 1996. Perangkat lunak server web Apache melayani hampir 54,46% dari semua situs web pada 2010. Server ini adalah yang pertama yang melewati 100 juta situs web tonggak sejarah pada tahun 2009. Kebanyakan dari server web yang menggunakan Apache dijalankan pada UNIX atau sistem operasi serupa seperti Linux. Perangkat lunak server dikelola oleh banyak pengembang di seluruh dunia dan merupakan perangkat lunak open source. Server ini dapat bekerja pada berbagai sistem operasi seperti UNIX, GNU Linux, Solaris, Novell NetWare, Mac, OS X, dll.

Server Apache memiliki banyak fitur. Ini mendukung banyak antarmuka bahasa umum seperti Perl, Python, Tcl dan PHP. Ini juga mendukung modul otentikasi populer seperti mod_access, mod_auth dan mod_digest. Beberapa fitur server ini termasuk dukungan untuk SSL dan TLS, modul proxy, penulis ulang URL, file log khusus, dan dukungan penyaringan. Juga, jika ada hosting pribadi virtual, satu server Apache akan dapat meng-host sejumlah situs web. Ini juga memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi pesan kesalahan, memiliki basis data otentikasi berbasis DBMS dan negosiasi konten. Ini juga bekerja dengan banyak antarmuka pengguna grafis.

Penggunaan Server Apache

Situs web dinamis dan situs web HMTL statis dapat menggunakan server Apache.
Server Apache digunakan ketika Anda ingin menyajikan konten kepada audiens Anda dengan cara yang aman dan andal.

Ini memiliki berbagai fitur server web seperti CGI, SSL dan mendukung domain virtual. Modul plug-in juga didukung oleh server ini. Ini gratis, dapat diandalkan, dan mudah dikonfigurasi.

Manfaat dari Apache Web Server

Kaya fitur

Apache memiliki sejumlah fitur yang sangat berguna dan memiliki protokol terbaru.

Dapat disesuaikan

Arsitektur modular Apache dapat membantu dalam membangun server yang disesuaikan dengan kebutuhan klien.

Mudah dikelola

File yang digunakan untuk mengkonfigurasi Apache ada di ASCII dan sederhana. Mengeditnya menggunakan editor teks sangat mudah.

Apache bisa dikembangkan

Apache adalah server yang selalu berkembang. Ini memiliki kode sumber terbuka dan API. Sebagai hasilnya, Anda dapat mengembangkan modul khusus dan memberikannya kepada komunitas pengembangan Apache.

Efisiensi

Server Apache berjalan cepat dan menggunakan sumber daya yang sangat sedikit. Ini memiliki kode C yang dirancang untuk mengoptimalkan kinerja.

Dapat digunakan di berbagai sistem operasi

Apache dapat digunakan pada berbagai sistem operasi seperti UNIX, Windows 9x / NT, MacOS dan lainnya.

Stabil dan Handal

Server web Apache sangat andal dan stabil. Orang-orang dapat berkomunikasi dan melaporkan bug di server dengan mudah karena kode sumber terbuka. Akibatnya, setiap bug di server diperbaiki dengan cepat.

Tim pendukung yang baik

Grup Apache terdiri dari sejumlah besar pengguna dan pengembang. Sebagian besar perusahaan yang menjual versi komersial server ini juga memberikan dukungan kepada pelanggan.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.