Pengertian Secure Shell (SSH)

Pengertian secure shell atau SSH

Secure Shell adalah program yang digunakan untuk masuk ke komputer jarak jauh dan dapat menjalankan beberapa perintah pada mesin itu dan juga dapat mentransfer beberapa file melalui jaringan. Biasanya, SSH adalah pendahulu Telnet Shell yang merupakan salah satu fitur penting yang disediakan oleh penyedia hosting web untuk hosting aman bersama dengan SSL. Dengan fitur SSH, kami dapat bertukar data sensitif menggunakan Secure Virtual Channel. Jadi orang anonim tidak dapat mencegat dengan data kami. SSH dirancang khusus untuk mengirim informasi seperti kata sandi, kunci publik, dan beberapa data sensitif lainnya melalui jaringan tidak aman seperti Internet dengan kerahasiaan dan otentikasi.

Server Linux adalah mesin multi-tasking, multi-pengguna yang sangat kuat yang menggunakan layanan terminal untuk kontrol dan administrasi. Jika Anda memiliki server Linux, kemungkinan besar Anda akan mengendalikannya dengan Secure Shell atau SSH.

SSH menggunakan port 22 dan menyediakan layanan enkripsi, bersama dengan layanan terminal. Belum lama ini, Telnet adalah protokol yang paling banyak digunakan untuk berkomunikasi dan mengendalikan host jarak jauh. Seperti halnya FTP, versi protokol yang lebih aman diperlukan untuk skenario hosting modern.

Host web Anda kemungkinan besar akan menyediakan server SSH Anda. Anda harus menginstal klien SSH untuk mengaktifkan komunikasi dengan host web Anda. Anda akan memerlukan alamat IP server SSH, dan kredensial otorisasi Anda. Ini semua akan tersedia dari host web Anda.

Klien SSH

Klien SSH Open-Source yang populer, yang dapat Anda unduh secara gratis adalah Putty. Anda dapat menemukan versi aplikasi ini menggunakan mesin pencari favorit Anda. Cari saja dempul. Pilih daftar untuk klien SSH.

Setelah diunduh, masukkan port dan informasi otentikasi di area opsi Putty, dan pastikan untuk menyimpan konfigurasi ini.

Menggunakan Putty, login ke server Anda. Saat terhubung, Anda akan melihat jendela berukuran kecil yang menampilkan kembali prompt login server Linux Anda. Berikan kredensial yang sesuai dan Anda akan melihat prompt sistem utama untuk mesin Linux Anda.

Karena Linux adalah multi-pengguna, pengguna lain dapat masuk ke server. Ini adalah salah satu keuntungan menggunakan Linux di lingkungan jaringan. Beberapa pengguna dapat mengotentikasi dan menggunakan sumber daya server. Pengguna mungkin memiliki peran yang berbeda, seperti administrator, pengguna, dll. Klien SSH Anda akan dibatasi untuk hak yang diberikan ke akun pengguna spesifik Anda.

Mungkin bukan ide yang baik untuk masuk sebagai pengguna root. Pengguna root, atau akun pengguna super dapat membuat perubahan yang mungkin tidak Anda inginkan. Yang terbaik adalah menggunakan akun pengguna biasa untuk kegiatan sehari-hari. Bergantung pada distribusi yang Anda gunakan, Anda dapat menjalankan perintah seperti:

Command line

Perintah ini memungkinkan Anda untuk melakukan tugas-tugas administratif, tanpa memiliki hak tingkat admin. Anda akan diberikan prompt untuk kata sandi pribadi Anda. Jika nama akun Anda ada di daftar “sudo su” (lihat administrator Anda tentang ini), Anda akan diberikan hak administrator, hingga Anda keluar dari akun admin. Setelah keluar, Anda akan kembali ke akun pengguna reguler Anda.

Setelah Anda mendapatkan akses ke server Anda, Anda dapat mengeluarkan perintah shell untuk menavigasi dan mengontrol server. Perintah yang digunakan tergantung pada “rasa” dari shell yang digunakan oleh sistem Anda. Sebagian besar pengguna Linux akan menggunakan shell “bash”, tetapi bisa menggunakan shell “dash” (lebih lanjut tentang shell “rasa” di artikel mendatang).

Singkatnya, masuk ke shell host jarak jauh Anda, Anda harus menggunakan protokol SSH. Anda dapat menggunakan aplikasi Putty gratis untuk ini. login akan memerlukan alamat IP server SSH dan kredensial login Anda. Dalam artikel mendatang, kami akan memeriksa perintah shell berguna yang harus dimiliki setiap administrator di kotak alat mereka.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.