Tips Meningkatkan Keamanan pada Dedicated Server Hosting

Keamanan Server adalah perhatian utama bagi sebagian besar klien atau webmaster saat memilih penyedia layanan hosting web. Bandingkan dengan paket hosting web lainnya, keamanan server khusus jauh lebih aman. Ketika Anda menggunakan akun hosting bersama, Anda harus membagikan server dan sumber daya Anda sehingga masalah keamanan sudah turun.

Pada Dedicated Server Hosting Anda dapat menghindari upaya peretasan dengan mengikuti langkah-langkah keamanan di bawah ini.

Mengubah Kata Sandi

Mengubah kata sandi Anda adalah langkah pengamanan pertama dan penting untuk dilakukan dengan server khusus. Saat mengkonfigurasi server khusus Anda, jangan lupa untuk mengganti kata sandi karena ini adalah langkah utama keamanan. Untuk menghindari upaya peretasan dan program jahat sepenuhnya, Anda harus mengubah kata sandi setiap tiga bulan. Membuat kata sandi menjadi sulit dengan memasukkan angka, huruf dalam huruf kecil dan huruf besar dan beberapa karakter khusus sehingga tebakan sulit bagi peretas.

Penggunaan SSH Alih-alih FTP

Nonaktifkan aplikasi yang tidak Anda gunakan. Misalnya, jika Anda tidak menggunakan FTP, nonaktifkan saja, sehingga tidak ada peluang untuk celah keamanan. Secara umum, peretas selalu mencari lubang mati dan begitu mereka mendapatkannya, mereka menyelinap ke dalamnya. Namun, jika Anda menggunakan program FTP, pastikan untuk tidak mengirim kata sandi atau info pribadi apa pun melalui ftp, karena itu dikirim dalam bentuk teks biasa dapat dengan mudah dideteksi.

SSH jauh lebih aman daripada Telnet. Telnet adalah salah satu risiko keamanan terbesar pada server khusus dan membuat penggunaan maksimal dari shell aman Anda.

Perlindungan Firewall

Ini adalah alat keamanan penting lainnya untuk server Anda yang didedikasikan. Firewall yang baik dapat mendeteksi upaya peretasan dan memberi tahu Anda saat mereka sedang dalam perjalanan. Meskipun windows atau Linux keduanya tidak sepenuhnya bebas virus, jadi pastikan untuk memperbarui firewall dan perangkat lunak Anda.

Pencadangan Data

Anda mungkin kehilangan informasi berharga atau data dengan mengetik perintah yang salah. Pastikan Anda mengambil cadangan data Anda secara bulanan atau mingguan.

Karena seorang administrator yang hanya mengurus langkah-langkah keamanan di atas tidak cukup, Anda masih perlu melakukan pemeliharaan rutin pada server khusus Anda sendiri.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *